Bisakah kegiatan lari digabungkan dengan isu-isu Hak Asasi Manusia? Ternyata bisa dan seru. Ini salah satu kegiatan yang ditangani kami pada bulan Januari 2014.

poster-r2r-213x300

Run To Remember lahir dari proses diskusi panjang antara kami dengan penulis Okky Madasari yang pada awal Januari meminta kami terlibat merancang komunikasi agar kegiatan Dinding Berpuisi mendapat eksposur media yang luas. Kegiatan lari Fun Run 5K dipilih karena pertimbangan kegiatan itu sederhana, mudah diikuti orang banyak, positif, dan ternyata bisa menarik minat anak muda yang sedang gandrung ikut acara lari, sehingga peserta yang terlibat tidak lagi “loe lagi, loe lagi” — seloroh Okky Madasari. Kegiatan ini akhirnya akan diadakan 1 kali di jantung ibukota untuk menarik minat anak muda terlibat dalam mengingat apa saja persoalan Hak Asasi Manusia di Indonesia, termasuk di dalamnya hilangnya sejumlah aktivis demokrasi pada tahun 1997-1998. Meskipun dibuka kemungkinan, bila kota-kota lain ingin melakukan kegiatan yang sama.

Dalam perkembangannya, Okky Madasari memutuskan untuk melibatkan sejumlah artis/jurnalis/seniman muda seperti Dinda Kanya Dewi, Timothy Marbun, dan Setia Gara dalam kegiatan berlari ini yang akhirnya menjadi acara pertama dari serangkaian peristiwa besar di tahun 2014. Tak heran, bila animo peserta melonjak sehingga panitia yang merupakan gabungan tim kerja Yayasan Muara dan Tanam Ide Kreasi terpaksa membatasi hingga 500-an peserta saja.

Kegiatan ini akhirnya sukses dilakukan pada 2 Februari 2014 dan mendapat liputan nasional secara luas, baik di media cetak, online, sampai televisi. Berikut daftar media coverage:

Jakarta Globe: http://www.thejakartaglobe.com/news/jakarta/social-concerns-to-be-highlighted-at-youth-event/

Tempo: http://en.tempo.co/read/news/2014/01/30/240549603/A-Run-to-Remember

Satu Harapan: http://www.satuharapan.com/read-detail/read/barisan-pengingat-selenggarakan-run-to-remember

Liputan 6: http://health.liputan6.com/read/815898/run-to-remember-lari-5-kilometer-untuk-ingat-kasus-ham

Berita 1: http://www.beritasatu.com/olahraga/162456-run-to-remember-acara-lari-bertema-ham.html

Merdeka: http://www.merdeka.com/peristiwa/berlari-mengenang-sajak-perlawanan-wiji-thukul.html

Berita Jogja: http://beritajogja.co.id/2014/01/23/run-2-remember-mari-mengingat-dan-tuntaskan-kasus-ham/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *